Penyakit Lupus « Macan Putih

Co-Pas Harus Izin Pemilik Konten

Penyakit Lupus

Apa itu penyakit lupus ?

Istilah penyakit lupus diambil dari kata lupus yang dalam bahasa latin berarti anjing hutan, istilah ini digunakan karena pada umumnya penderita penyakit ini pada memiliki ruam merah yang berbentuk kupu-kupu (butterfly rash) di pipi yang serupa pada pipi serigala, tetapi berwarna putih. penyakit ini mulai dikenal sekitar satu abad lalu, penyakit lupus dianggap mematikan bahkan disetarakan dengan penyakit kanker karena dalam banyak kasus penderita penyakit lupus banyak yang tidak tertolong, ditemukan lebih dari 100 ribu kasus baru terjadi setiap tahunnya dan saat ini penderita penyakit lupus di dunia tercatat telah melebihi 5 juta orang.
Gambar penyakit lupus

---


Saya bukan hendak membicarakan penyakit lupus.
Yang saya hendak saya bicarakan adalah salah satu teknik plagiasi.

Sebelumnya, pada judul "Melihat Bintang Dari Dasar Sumur Di Siang Hari" telah saya rinci bagaimana kekhawatiran saya jika tulisan saya diplagiat, dan malah mendapat sanksi sebagai plagiator. Ironis. Tapi bisa saja terjadi pada blogger manapun.

Pada judul "Google+ | Tanya-jawab dengan Ahmad Khoirul Azmi | Blog | Duplikasi" berisi tanya jawab saya dengan Ahmad Khoirul Azmi. Namun sebenarnya, pertanyaan saya masuk pada judul "Contoh email yang digunakan untuk generating feed dari feedburner ke blog berplatform Blogger (auto blog by feed):", pada status Google+ Ahmad Khoirul Azmi. Ahmad Khoirul Azmi, mempublikasikan akun email yang melakukan auto blog.

Pada tulisan saya kali ini, saya memberikan contoh tulisan pada suatu situs yang didisain sedemikian rupa sehingga menutup kemungkinan untuk dicopy. Tapi namanya data digital, masih ada saja celah untuk bisa melakukan copy.  Yang saya lakukan betul-betul sebuah copy.  Bahkan saya copy seluruh tulisan beserta gambarnya.  Hanya karena demi kepentingan tulisan ini, saya cukup menampilkan judul, paragraf awal dan gambarnya saja.

Artinya, jika saya seorang plagiator, hasil copy itu saya paste mentah-mentah sesuai (sama persis) dengan tulisan sumber. Hal yang menjijikkan. Dan tentu saja saya tidak akan membuka rahasia, bagaimana teknik saya membongkar kuncian pada tulisan yang terproteksi.

Saya pun mohon maaf jika AL MUHTARAM (penulis http://www.metris-community.com/penyakit-lupus-gejala-penyebab-lupus-penyakit/) kurang berkenan dan merasa terganggu dengan cara saya ini. Tak ada niat saya untuk melakukan plagiasi. Saya hanya mencoba memberi wawasan, betapa rentannya data digital untuk bisa dibongkar, meskipun telah terenkripsi.


Semoga menjadi renungan.
Share on Google Plus

About Dodi Nurdjaja

    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar:

  1. yah emang gampang tp kebanyakan blm tau.. minimal yg blm tau ga bs copas yah hehehe

    BalasHapus
  2. Jadi inget kalo baca novel Lupus. Itu orang di-bully terus gegara namanya mirip penyakit. Padahal iya... hehehe

    salam kenal,
    Sindhu
    http://0sprey.wordpress.com

    BalasHapus