Internet dan Dunia Pendidikan « Macan Putih

Co-Pas Harus Izin Pemilik Konten

Internet dan Dunia Pendidikan

Sekolah yang memiliki WEB resmi (atau minimal blog gratis, bagi sekolah yang kurang mampu) akan lebih menjangkau seluruh dunia.  Dalam artian promosi, situs web/blog sekolah (yang berisi segala macam info tentang sekolah tersebut) dapat dicari melalui pencari (Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain). Dalam artian akses bagi para siswa, akan menjadi perpanjangan proses KBM.  Dalam hal ini, segala pendokumentasian (misalnya tugas dari guru maupun laporan tugas dari para siswa) bisa terdokumentasi di situs web/blog tersebut.
---



FAQ = Fokoknya Asal Q-jawab


Perlukah Internet Dipahami Oleh Seorang Guru Yang Bukan Guru Internet?

Tidak.

Seorang guru hanya dituntut dedikasinya pada bidang mata pelajarannya. Cukuplah penguasaan materi dan metode pembelajaran.

Namun attitude (kepribadian) seorang guru, menjadi kunci sukses dalam proses KBM. Semakin memiliki kemampuan untuk mengenal dan lebih dekat dengan siswa-siswi, semakin dicintai dan disegani oleh siswa-siswi-nya.

Internet, bisa menjadi jembatan komunikasi, antara guru dan siswa-siswi di luar jam sekolah. Internet pun bisa menjadi alat bantu KBM pada jam sekolah. Hal ini akan menjadi value added pada attitude dan metode pembelajaran.


Perlukah Internet Diajarkan Di Tiap Sekolah (Bahkan Tingkat SD)?

Ya, perlu.

Teknologi dan budaya, berjalan beriringan dan saling mempengaruhi. Perkembangan di dunia internet sangat pesat.  Saat ini, internet sudah bukan "barang aneh" atau "barang langka".  Jika pihak sekolah tidak memberikan dasar-dasar pendidikan ber-internet, tentu para siswa-siswi sekolah tersebut akan mencoba cari tahu dan belajar dari tempat lain.  Alangkah baiknya jika pihak sekolah yang memberi pengenalan ber-internet.


Perlukah Pihak Sekolah Memanfaatkan Internet?

Perlu.

Sekolah yang memiliki WEB resmi (atau minimal blog gratis, bagi sekolah yang kurang mampu) akan lebih menjangkau seluruh dunia.  Dalam artian promosi, situs web/blog sekolah (yang berisi segala macam info tentang sekolah tersebut) dapat dicari melalui pencari (Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain). Dalam artian akses bagi para siswa, akan menjadi perpanjangan proses KBM.  Dalam hal ini, segala pendokumentasian (misalnya tugas dari guru maupun laporan tugas dari para siswa) bisa terdokumentasi di situs web/blog tersebut.

Jejaring sosial atau media sosial, dapat menjadi wahana penghubung yang baik antara pihak sekolah (para guru sampai staf sekolah), siswa-siswi, orang-tua murid, sampai para alumni.  Media sosial ini bisa berfungsi juga sebagai corong (perpanjangan) informasi yang disebarkan melalui web/blog sekolah.

Media penyimpanan (video, foto, dokumen, program aplikasi, dan lain-lain) di internet bisa menjadi ruang perpustakaan online, yang dapat diakses dari seluruh penjuru dunia.  Hal ini tentu akan sangat membantu bagi pihak manapun, termasuk pihak luar sekolah.

Keterhubungan antar jejaring/media sosial, situs web/blog, dan media penyimpanan, dapat dengan mudah di-update.  Banyak dari jejaring sosial yang sudah menyertakan fitur autopost.  Bahkan banyak pula web aplikasi yang bisa dijadikan jembatan update (autopost).  Di luar itu, fasilitas short link bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan semua fungsi-fungsi tadi.

Dewasa ini, dikenal juga istilah "komputasi awan", untuk segala kegiatan internet dan lintas keterhubungannya.
Sumber gambar: Wikipedia


Bagaimana Seorang Guru Memanfaatkan Internet?

1. Manfaatkan Jejaring/Media Sosial
Yang utama adalah untuk komunikasi pertemanan dan persaudaraan. Menyambung kembali tali silaturahmi dengan kawan lama atau saudara jauh.  Berdaya-guna untuk jaringan komunikasi dengan guru-guru lain (misalnya pada macam-macam Grup di Facebook, atau twitter).
http://bit.ly/VTz6EO , http://j.mp/Tfk8vG

2. Turut berkontribusi (tak perlu aktif) pada konten situs web/blog resmi sekolah.

3. Memiliki situs web/blog sendiri.
Judul web/blog sebaiknya mencerminkan mata pelajaran dan atau nama (lengkap atau panggilan) guru yang bersangkutan (misalnya: Fisika ala Dodi Nurdjaja, Dodi's Math, PAIslam[Dod]com, dan lain-lain).
Konten pribadi yang inspiratif.
Konten yang bisa menambah credit poin.
Untuk yang berhubungan dengan mata pelajaran, konten yang menarik adalah aktivitas KBM dengan menyebut nama-nama siswa yang terlibat.  Bisa juga berupa pengumuman nilai tertinggi.
Yang mungkin lebih mantap, adalah tulisan populer yang berhubungan dengan mata pelajaran.
Misalnya:
- Fisika pada http://j.mp/12naGeS
- Tokoh sejarah lokal pada http://bit.ly/SYLrwc
- Kaitan sejarah dan seni pada http://bit.ly/VTyQ8O dan http://bit.ly/WvISTB
- Kaitan Fisika dan Islam pada http://j.mp/WiM1Sg dan http://j.mp/XScJju
- Kaitan Astronomi dan Islam pada http://j.mp/Y5K8Ie
- Sejarah pada tradisi lokal musiman pada http://bit.ly/ZlkohB dan http://j.mp/Vg7iOU

4. Menambah credit poin dengan agak aktif di Yahoo!Answers (yang berhubungan dengan mata pelajaran).  Keuntungan lain aktif di Yahoo!Answers adalah bisa mencomot tanya-jawab pihak lain untuk dijadikan contoh soal, atau inspirasi untuk bahan tulisan/konten.  Konten yang selalu terisi, membuat nilai traffic (lalulintas pengunjung) blog selalu naik. 

5. Menambah wawasan dengan membuka Wikipedia, atau situs-situs lain yang menyediakan konten yang berhubungan dengan mata pelajaran.  Ini berberkaitan erat dengan penguasaan materi si guru tersebut.


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About Dodi Nurdjaja

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar