Melihat Bintang Dari Dasar Sumur Di Siang Hari « Macan Putih

Co-Pas Harus Izin Pemilik Konten

Melihat Bintang Dari Dasar Sumur Di Siang Hari

Mungkin sudah banyak di antara kita yang pernah membaca tulisan seperti judul di atas. Bagi yang belum pernah, cobalah cari di internet dengan menggunakan kata kunci ‘melihat bintang dari dasar sumur’. Kita akan temukan bahwa kebanyakan hasil pencariannya berasal dari ulasan ‘fakta-fakta menarik di dunia’. Tidak ada satupun yang menjelaskan mengapa hal tersebut dapat terjadi. Betulkah kita bisa melihat bintang dari dasar sumur di siang hari?


Sumber Wikipedia
Itulah penggalan kata-kata pada paragraf pertama.  Tulisan ini saya lihat banyak kesamaan, bahkan sama persis.  Hampir semuanya Co-Pas dari web duniaastronomi[dot]com.  Namun aneh, bagi saya, karena sumber copas ini ditandai lingkaran merah WOT (web of trust).  Padahal masuk Alexa Rank (saat saya lihat, tingkat dunia masih di atas dua juta, tingkat Indonesia lebih dari delapan puluh dua ribu).  Justru pada beberapa blog (apalagi forum) yang Co-Pas tulisan itu, ditandai lingkaran hijau WOT. Apalagi di http://nationalgeographic.co.id/forum/ Alexa Rank tingkat dunia 86.260 dan tingkat Indonesia 1.296.  Apa yang salah?

Kadang saya tak mengerti bagaimana WOT bisa menandai suatu situs sebagai reputasi berbahaya (lingkaran merah).  Sementara, tulisannya di-Co-Pas oleh web, blog dan forum lain dengan reputasi bagus (lingkaran hijau).  Terus terang ini sangat menakutkan bagi saya, yang merasa tak pernah Co-Pas tulisan orang, jika suatu saat di-Co-Pas oleh blogger lain yang berreputasi bagus, lalu tiba-tiba blog saya menjadi situs berbahaya.

Mungkinkah, karena judul yang bombastis itu dinilai menipu?  Kalau ya, siapa yang merasa tertipu?

Saya mohon maaf juga jika para pembaca merasa tertipu oleh judul yang saya comot ini.  :D


Semoga menjadi renungan
Share on Google Plus

About Dodi Nurdjaja

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar